Minggu, 09 Februari 2020

Recipe: Tasty Nasi bebek madura

Nasi bebek madura. Untuk membuat resep nasi bebek asli Madura yang empuk dan lezat memang dibutuhkan beberapa tips khusus. Terutama pengolahan daging bebeknya supaya empuk dan teskturnya lembut sampai. Nasi Bebek Khas Madura akan membuat kalian balik lagi @WarungTeduh

Nasi bebek madura Resep Nasi Bebek Madura yang Empuk dan Gurih. Memasak nasi bebek Madura dari dapur sendiri? Tentunya bukan hal yang tidak mungkin! You can cook Nasi bebek madura using 21 ingredients and 6 steps. Here is how you cook it.

Ingredients of Nasi bebek madura

  1. It's 1 ekor of bebek,potong sesuai selera.
  2. It's 2 batang of serai memarkan.
  3. It's 1 buah of jeruk nipis.
  4. You need 2 lembar of daun salam.
  5. Prepare 6 lembar of daun jeruk.
  6. It's secukupnya of Garam.
  7. Prepare secukupnya of Gula.
  8. Prepare of Bumbu halus.
  9. Prepare 10 butir of bawang merah.
  10. You need 6 butir of bawang putih.
  11. You need 8 butir of kemiri.
  12. You need 1 ruas jari of lengkuas muda.
  13. It's 3 cm of kunyit.
  14. Prepare 3 cm of jahe.
  15. Prepare 1 batang of serai iris tipis.
  16. You need 1 buah of cabe merah besar.
  17. Prepare 3 buah of cabe merah kriting.
  18. You need 1 sdm of ketumbar sangrai.
  19. You need 1 sdt of merica butiran.
  20. Prepare of Bahan tambahan.
  21. It's 10 buah of cabe rawit/sesuai selera,ulek halus.

Nasi putih hangat dengan siraman kuah hitam dan bebek goreng yang empuk memang pasangan yang serasi. Menu khas Madura ini jadi salah satu olahan bebek yang begitu digandrungi. Dalam seporsi nasi bebek Madura, kamu akan menikmati nasi hangat pulen, potongan daging bebek yang disiram bumbu hitam pedas nan lezat, dan lalapan mentimun. Malam hari di Jakarta, nasi bebek khas Madura mudah ditemukan.

Nasi bebek madura step by step

  1. Cuci bersih bebek,buang bagian brutunya,,,tiriskan,setelah bener2 tiris beri air jeruk nipis,remas2 sampai daging bebek sampai rata,tutup lalu diamkan dalam kulkas selama 15 menit,,cuci kembali daging bebek sampai bersih,tiriskan.
  2. Haluskan bumbu halus,kemudian balurkan sampai rata ke dalam daging bebek beri sedikit garam dan gula,aduk sampai rata kemudian diamkan dalam kulkas minimal selama 1 jam,,.
  3. Keluarkan bebek kemudian tuangkan ke dalam panci tambahkan 2-3 gelas air,daun salam,daun jeruk dan serai,,, (idealnya pake presto biar empuknya cepat sekitar 20-25 menitan dari mulai panci berdesis,,,karena sy belum punya panci presto jadi pake panci biasa,, lumayan lama ngungkepnya sampai 2,5 jam,,😅😅😥😀).
  4. Jika bebek dirasa sudah empuk,angkat pisahkan bebek dan kuahnya,,.
  5. Goreng bebek sampai kecoklatan,,angkat sisihkan,,,tuang sisa rebusan bebek dalam wajan tambahkan ulekan cabe rawit,,.
  6. Masak rebusan bumbu dengan api kecil sampai berminyak dan berwarna kehitaman,jika dirasa kurang hitam bisa ditambahkan sedikit air panas,masak kembali sampai benar2 berminyak dan berwarna kehitaman,angkat sajikan dengan bebek goreng dan lalapn,,,.

Sajian yang dijajakan di kaki lima ini kerap mencantumkan embel-embel yang terlampau menggiurkan, "bumbu hitam". Warung Nasi bebek Madura H Munawi dapat ditemui tak jauh sebelum supermarket Total Buah Segar, dari arah utara menuju selatan, sejajar dengan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Menu satu ini favorit keluarga saya banget, terutama anak-anak. Menu nasi bebek khas Madura memang dikenal dengan penyajiannya yang praktis. Ukurannya juga lebih kecil dan berwarna cokelat gelap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar