Minggu, 02 Februari 2020

How to Make Delicious Nasi Kuning Gorontalo

Nasi Kuning Gorontalo. Nasi Kuning Ikan ini berbeda dengan Nasi Kuning Gorontalo yang rasanya lebih ke asin. Itulah sebabnya saya katakan tadi bahwa Nasi Kuning Ikan lebih mirip Nasi Kuning Jawa. Gorontalo - Nasinya kuning terang, semerbak gurih aromanya.

Nasi Kuning Gorontalo There are no reviews for Nasi Kuning Sup Kikil, Indonesia yet. Nasi kuning Gorontalo juga memiliki varian cita rasa yang berbeda, salah satunya karena sajian pendampingnya yang beragam, ada yang menggunakan potongan kecil paru sapi yang digoreng. Nasi Kuning Berkuah Kaldu Asal Gorontalo. You can cook Nasi Kuning Gorontalo using 20 ingredients and 9 steps. Here is how you cook it.

Ingredients of Nasi Kuning Gorontalo

  1. Prepare 1 liter of beras.
  2. You need 1/2 buah of kelapa parut di buat santan (-+ 800 ml).
  3. Prepare 2 batang of sereh, digeprek.
  4. It's 2 lembar of daun pandan.
  5. You need 1 bungkus of laksa / bihun isi 2 (pakai 1 saja).
  6. It's 1 ekor of kecil cakalang, dikukus/direbus.
  7. You need 1 batang of daun bawang, iris2.
  8. You need secukupnya of Garam dan 1 bungkus masako.
  9. It's of Bumbu halus untuk nasi :.
  10. It's 4 siung of bawang putih.
  11. Prepare 1 ruas jari of kunyit.
  12. It's 1 cm of jahe.
  13. Prepare of Bumbu halus untuk laksa :.
  14. It's 3 siung of bawang merah.
  15. It's 2 siung of bawang putih.
  16. It's 1/2 sdt of merica/ladaku.
  17. You need of Bahan pelengkap :.
  18. Prepare of Sambal rica.
  19. It's of Bawang goreng.
  20. It's of Telur rebus.

Gegap gempita rakyat bergemuruh di sepanjang jalan raya, ketika iring-iringan yang membawa Suryadi Sudirdja dan. Lai labāk apskatītu atrašanās vietu "Nasi Kuning", pievērsiet uzmanību ielām, kas atrodas tuvumā: Jl. Nasi Kuning, Gorontalo, Gorontalo City, Gorontalo, Republic of Indonesia — asukohta kaardil. Nasi kuning di Gorontalo disajikan dengan beragam variasi, mulai dengan taburan abon ikan cakalang yang menggoda, potongan daging yang lezat, laksa basah yang memikat, hingga.

Nasi Kuning Gorontalo step by step

  1. Parut kelapa dan dibuat santan kurang lebih 800 ml. Siapkan bumbu halus untuk nasi kemudian tuang kedalam santan, aduk hingga rata sampai santannya jadi kuning..
  2. Saring santan kedalam wajan dan ditekan-tekan sisa bumbu yg ada disaringan..
  3. Masukkan daun pandan, sereh dan beri sedikit garam..
  4. Cuci beras kemudian masukkan kedalam wajan yg berisi santan tadi, nyalakan api kompor. Masak sampai setengah matang atau sampai mengering, sambil diaduk-aduk (seperti memasak nasi)..
  5. Angkat dan pindahkan nasi kuning kedalam panci kukus nasi, kukus sampai matang..
  6. MEMBUAT LAKSA IKAN : Rendam dengan air panas laksa/bihun, jika sudah matang angkat dan sisihkan. Suwir-suwir ikan cakalang yg telah direbus/dikukus, sisihkan..
  7. Tumis bumbu halus dan irisan daun bawang sampai harum (pakai api kecil), beri sedikit garam dan bubuk kaldu (masako), masukkan ikan aduk rata..
  8. Masukkan laksa/soun tadi, aduk rata, matikan kompor dan angkat..
  9. Cara penyajian : ambil nasi kuning masukkan dalam piring, tambahkan laksa ikan di atasnya, taburi bawang goreng, dan beri sambal rica..

Nasi kuning identik muncul saat ada acara seperti ulang tahun, acara pernikahan, peresmian, upacara pembukaan. Untuk penyajiannya nasi kuning kerap dibentuk jadi kerucut, menggunakan cetakan. COM - Nasi kuning adalah makanan yang paling banyak dijual dan diminati masyarakat di Gorontalo. Beragam cita rasa nasi kuning ditawarkan untuk menjadi pilihan. Identifikasi Penggunaan Pewarna Alami dan Pewarna Buatan pada Makanan Jajanan Nasi Kuning Dilingkungan Sekolah Dasar Se.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar