Kamis, 19 Desember 2019

Recipe: Appetizing Nasi Minyak khas Palembang

Nasi Minyak khas Palembang. Resep nasi minyak khas palembang yang enak berikut ini. Nasi minyak khas Palembang ini unik bahkan dulu termasuk makanan mewah dan hanya bisa disantap oleh Sultan Palembang setiap hari jumat. Selain itu juga dihidangkan hanya untuk tamu-tamu istimewa.

Nasi Minyak khas Palembang Nasi Minyak sendiri adalah makanan khas. Nasi Minyak adalah makanan khas Kota Palembang. Selain di Palembang, nasi minyak juga terdapat di Provinsi Jambi. You can have Nasi Minyak khas Palembang using 19 ingredients and 4 steps. Here is how you achieve that.

Ingredients of Nasi Minyak khas Palembang

  1. You need of beras (sekitar 3 cup kecil beras).
  2. It's of bawang bombay cincang kasar.
  3. Prepare of tomat potong2.
  4. Prepare of bawah putih geprak dan cincang.
  5. Prepare of kapulaga.
  6. It's of cengkeh.
  7. You need of kembang lawang.
  8. Prepare of kayu manis.
  9. It's of adas dihaluskan.
  10. It's of jintan dihaluskan.
  11. It's of bubuk kari.
  12. It's of susu plain atau 1 sachet dancow instant dilarutkan air.
  13. You need of minyak samin/butter.
  14. Prepare of Minyak untuk menumis.
  15. Prepare of Garam dan gula.
  16. Prepare of Pelengkap.
  17. Prepare of Malbi.
  18. You need of Ayam kecap.
  19. Prepare of Sambal nanas.

Nasi minyak khas Palembang ini tidak beda jauh dengan Nasi liwet yang ada di daerah Jawa dan Sunda. Nasi minyak adalah masakan khas Sumatra Selatan berupa olahan nasi yang dimasak dengan minyak samin dan rempah-rempah khas Nusantara dan Timur-Tengah. Sekilas nasi minyak terlihat seperti nasi kebuli. Nasi minyak (Palembang Malay for "oily rice") is a Sumatran dish from Indonesia of cooked rice with minyak samin (ghee) and spices.

Nasi Minyak khas Palembang step by step

  1. Cuci beras sampai bersih. Sisihkan.
  2. Tumis bawang bombay dengan sedikit minyak sampai harum. Masukkan tomat dan bumbu lainnya. Masukkan susu, garam dan gula, koreksi rasa..
  3. Masukkan beras yang sudah dicuci ke dalam bumbu yang mendidih, diaduk sampai seluruh beras meresap dengan bumbu..
  4. Kukus nasi minyak selama 20 menit atau sampai nasi minyak matang. Nasi minyak siap dihidangkan dengan ditambahkan pelengkap seperti malbi dan ayam kecap..

This rice dish is commonly associated with Palembang city, the capital of South Sumatra province. Makanan khas asli Palembang ini adalah saudara jauhnya mie aceh, karena mie celor dalam satu porsinya akan diisi dengan mie dan kuah santan Pembuatan makanan khas asli Palembang ini juga mirip dengan dodol, ketika semua bahan tercampur menjadi satu secara merata di kuali, nantinya. Nasi minyak khas jambi ini selalu hadir dalam acara-acara tertentu misalnya acar khitanan, acara perkawinan, hari raya dan lain sebagainya. Bagi anda yang ingin membuatnya dirumah, silahkan anda simak resep cara membuat nasi minyak khas palembang berikut ini. Di Jambi, nasi minyak wajib dihidangkan dengan kuah kari, sedangkan di Palembang bisa langsung disantap dengan lauk seperti malbi, kari ayam, dan Nasi minyak memang masih berkerabat dengan nasi briyani dan nasi kebuli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar